REVIEW JURNAL

12.48 0 Comments

Judul  :  Kajian Tentang Komputer Kuantum Sebagai Pengganti Komputer Konvensional Di Masa Depan
Disusun Oleh : Herlambang Saputra*, Politeknik Negeri Sriwijaya (2009) 
Link Jurnal : http://journal.portalgaruda.org/index.php/generic/article/view/103/46

Peran teknologi dalam pengembangan teknologi informasi (IT, information technology), sudah tidak diragukan lagi. Bertambahnya kecepatan komputer dari waktu ke waktu, meningkatnya kapasitas hardisk dan memori, semakin kecil dan bertambahnya fungsi telepon genggam, adalah contohcontoh kongkrit produk teknologi di bidang IT. Teknologi komputer merupakan salah satu teknologi yang paling cepat mengalami perkembangan dan kemajuan. Komputer-komputer yang ada saat ini sudah mencapai kemampuan yang sangat mengagumkan. Tetapi kedahsyatan komputer tercanggih yang ada saat ini pun masih belum bisa memuaskan keinginan manusia yang bermimpi untuk membuat sebuah superkomputer yang benar-benar memiliki kecepatan super. Komputer yang nantinya layak untuk benar-benar disebut sebagai Komputer Super ini adalah Komputer Kuantum.

Jurnal ini membahas tentang semakin berkembangnya teknologi informasi yang ada, membuat manusia membutuhkan kinerja komputer yang lebih cepat dari sebelumnya. Bukan hanya itu saja, manusia juga membutuhkan teknologi komputer yang memiliki portabilitas tinggi sehingga, dapat membuat kinerja mudah dan membantu dalam kegiatan harian.

Jurnal ini membahas dari komputer konvensional yang masih menggunakan sistem binary atau sistem angka basis 2 (0 dan 1) yang dikenal sebagai BIT (singkatan dari Binary digIT). Kemudian membahas tentang fenoma quantum kemudian membahas tentang bagaimana komputer kuantum memanfaatkan fenomena ‘aneh’ yang disebut sebagai superposisi.

Kesimpulannya adalah untuk komputer konvensional menggunakan bit 0 dan 1. Untuk komputer kuantum menggunakan qubit 0 , 1 dan superposisi 0 dan 1. Kecepatan komputer quantum lebih cepat dari pada komputer konvensional (komputer digital) karena melakukan proses secara simultan tidak secara linear seperti komputer konvensional. Saat ini perkembangan teknologi sudah menghasilkan komputer kuantum sampai 7 qubit, tetapi menurut penelitian dan analisa yang ada, dalam beberapa tahun mendatang teknologi komputer kuantum bisa mencapai 100 qubit. Kita bisa membayangkan betapa cepatnya komputer masa depan nanti. Semua perhitungan yang biasanya butuh waktu berbulan-bulan, bertahun-tahun, bahkan berabad-abad pada akhirnya bisa dilaksanakan hanya dalam hitungan menit.

0 komentar: