Penerapan Web Service dalam Aplikasi E-Commerce

16.17 , , 0 Comments

1. Perancangan Web Service dalam E-Commerce
Tahap rancangan konsep, yaitu menentukan rencana kerja aplikasi sesuai dengan tujuan pembuatan aplikasi. Sebelum masuk ke pembahasan lebih lanjut ada beberapa hal yang harus diketahui mengenai aplikasi yaitu :
a. Aplikasi bersifat web browser, artinya aplikasi ini dijalakan oleh web browser. Hal ini terkait dengan platform implementasi aplikasi, yaitu pada browser.
b. Aplikasi ini digunakan dengan mengunakan koneksi internet dengan mengunakan protocol HTTP.
Untuk lebih jelas mengenai cara kerja aplikasi akan dijelaskan sebagai berikut :
Gambar Cara Kerja Webservices

a. Komputer client akan membuat turunan object kepada XML web services yang ada di proxy.
b. Komputer client akan memanggil method yang ada di class proxy di java.
c. Komputer client akan menyambungkan argument disetiap web services melalui SOAP message dan mengirim message menggunakan XML web service method.
d. SOAP message akan dikembalikan kembali dengan XML dan akan membuat turunan class yang punya implementasi dengan XML web services dan menyambungkan dari XML web services method melakukan parsing mengembalikan sesuai XML argument.
e. XML web services akan mengeksekusi code dan mengembalikan nilai kembalian sesuai dengan nilai parameter yang dikirim.
f. XML web services akan mengembalikan kembali ke computer client dengan cara yang sama dengan mengiriman nilai dan parameter yang sebelumnya.
g. Komputer Client akan menerima nilai kebalian dari parameter yang dikirim.
1.1.1 Kebutuhan Perangkat Lunak
Selain perangkat keras juga membutuhkan perangkat lunak untuk pembuatan program dan dalam mengimplementasikannya. Selain sistem operasi yang menjadi software dasar dari software – software lain, perancangan program untuk para pengembang sistem operasi android membutuhkan software lainnya. Software tersebut di antaranya adalah Java Development Kit (JDK), Netbeans Java EE, Glassfish server, MySQL Workbench, JAX-WS (API), Browser mozilla dan Structure Query Language (MySQL) untuk mengolah database server.
Tabel Kebutuhan Perangkat Keras
Tabel Kebutuhan Perangkat Lunak
1.2 Rancangan Aplikasi
Tahap rancangan aplikasi berisi rancangan program webservice ecommerce ini melalui tiga tahap yaitu penyusunan struktur navigasi, Unified Modeling Language (UML) program dan
perancangan antarmuka.
Gambar Proses Perancangan Aplikasi

1.2.1 Unified Modeling Language (UML)
Rancangan sistem program aplikasi ini dimodelkan ke dalam 3 bentuk Unified Modeling Language (UML), yaitu Diagram Use Case, Diagram Activity dan Diagram Sequence.
1.2.1.1 Diagram Use Case
Diagram Use Case digunakan untuk menggambarkan interaksi antar pengguna dengan sistem. Sebelum membuat diagram use case, pertama harus menentukan use case apa saja yang diperlukan dalam aplikasi tersebut dengan menentukan function definition terlebih dahulu. Dengan demikian use case yang dibutuhkan otomatis telah ditentukan oleh function definition tersebut.

Gambar Diagram Use Case

1.2.1.2 Diagram Activity
Diagram Activity menggambarkan berbagai alur aktifitas dalam sistem yang akan dirancang, bagaimana sistem berawal, decision yang mungkin terjadi, dan bagaimana sistem berakhir.
Berikut adalah diagram activity yang menggambarkan aktifitas sistem saat dijalankan.
Gambar Diagram Activity

1.2.1.3 Diagram Sequence
Diagram Sequence digunakan untuk menggambarkan sistem secara bertahap. Diagram sequence menunjukkan interaksi bagaimana proses berinteraksi dengan satu sama lain. Dalam kasus ini diagram sequence akan menggambarkan bagaimana aplikasi akan melakukan transaksi dan menjelaskan tentang pertukaran data pada web services.
Gambar Diagram Sequence ecommerce
Berikut adalah diagram sequence dari aplikasi web services.

Gambar Diagram Sequence Aplikasi Webservices

1.3 Perancangan Basis Data (Database)
Tujuan penggunaan database dalam program ini adalah untuk memper mudah peng-update-an data. Untuk membuat database, diawali membuat database terlebih dahulu.
1.3.1 Diagram ER (Entity Relasionship)
ERD adalah model konseptual yang mendeskripsikan hubungan antar penyimpanan data. Diagram E-R dipergunakan untuk memodelkan struktur data dan hubungan antar data.

Gambar Diagram ER

1.3.2 Diagram Konteks
Diagram konteks merupakan diagram yang memperlihatkan aplikasi sebagai bentuk satu proses yang terjadi atau pemetaan yang terjadi.
Gambar Diagram Konteks

1.3.3 DFD (Data Flow Diagram)
Data yang menggambarkan aliran data dari aplikasi dibuat dengan DFD yang menggambarkan interaksi masing-masing proses yang berjalan dengan tempat penyimpanan data (data store) dalam hal ini adalah basisdata.

Gambar DFD e-Commence

Pada DFD level 2 ini menunjukkan proses login yang telah terenkripsi oleh pelanggan dengan memasukkan nama pelanggan dan nama password.

Gambar DFD Level 2 LoginPelangan

Pada DFD level 2 ini menunjukkan proses pemesanan oleh pelanggan setelah login.
Gambar DFD Level 2 Proses Pemesanan

1.3.4 Skema Relasi
Skema relasi dari web services ecommerce toko sepatu ini dapat dilihat pada gambar dibawah ini :
Gambar Skema Relasi pada Webservices e-commerce

2. Hasil dan Kesimpulan
Gambar Tampilan WebService

Gambar Tampilan Toko Sepatu Webservice

Gambar Tampilan Login Admin

Gambar Tampilan Dashboard

Dengan menerapkan arsitektur web service pada bidang e-commerce akan adanya suatu web yang sematik dan fleksibel yang berintegrasi pada suatu jaringan menjadikan suatu aplikasi tidak tergantung atau mengikuti platform yang sudah ada pada awal pembuatan dan sisi toko sepatu online ini dapat memudahkan para pengguna dapat melakukan suatu transaksi online yang terjamin dari sisi kenyamanan dan keamanan dari suatu website belanja online. Pada web service yang diterapkan pada bidang e-commerce toko sepatu online ini menyajikan fungsi-fungsi yang menginformasikan mengenai beberapa produk sepatu dan bisnis transaksi yang mengunakan service yang diberikan dari suatu aplikasi lain dari product sepatu dan authentifikasi sistem pada saat aplikasi ini dijalankan. Pada penerapannya dengan web service dibidang e-commerce toko sepatu online ini ditemukan banyak kemudahan karena semua pertukaran informasi pada penyajian data suatu service disajikan dengan mengunakan XML jadi adanya pemisahan logika aplikasi bisnis dan masalah yang terkait dengan layanan dan prasarana yang disediakan oleh vendor aplikasi yang memberikan suatu service.
3.  Daftar Pustaka
Avestro, Joyce. JeNI Pengenalan Pemrograman Java, JARDIKNAS, Jakarta, 2007.
Dwi, Didik Prasetyo. 150 Rahasia Pemrograman Java, PT Elex Media Komputindo, Jakarta, 2007.
Kadir, Abdul. jQuery Black Box, PT Mediakom, Yogyakarta, 2011.
Nugroho, Bunafit. Panduan Lengkap Menguasai Perintah SQL, PT Mediakita, Jakarta, 2008.



http://openejb.apache.org/examplestrunk/simple-webservice/
http://docs.oracle.com/javaee/5/api/javax/jws/WebService.html
http://netbeans.org/kb/docs/javaee/ecommerce/intro.html
http://netbeans.dzone.com/news/5-techniques-create-web-service,
http://netbeans.org/kb/docs/websvc/jaxws.html
http://gedex.web.id/archives/2008/04/12/apa-itu-webservices-bagian-i/
http://www.roseindia.net/webservices/
http://www.tutorialspoint.com/webservices/index.htm
http://w3schools.com/webservices/default.asp,
http://www.w3schools.com/webservices/ws_example.asp
http://w3schools.com/soap/default.asp
http://en.wikipedia.org/wiki/Simple_object_Access_Protocol
http://AgniSoftware.com/Introduction-tosoap
http://www.xmlrpc.org
http://meta.wacana.net/archives/8-XMLRPCSebuah-Perkenalan.html

0 komentar: