07.40 0 Comments

SEO, E-COMMERCE DAN E-BUSINESS

1. APA ITU SEO ?
Definisi apa itu SEO versi Wikipedia (terjemahan dari bahasa Inggris)
Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah proses untuk mempengaruhi tingkat keterlihatan (visibilitas) sebuah situs web atau sebuah halaman web di hasil pencarian alami (sering disebut juga dengan pencarian tak-berbayar, pencarian non-iklan, atau pencarian organik) dari sebuah mesin pencari.
Istilah dengan kata-kata kita sendiri, Optimisasi Mesin Pencari atau Search Engine Optimization/SEO adalah:
melakukan proses berupa aktifitas tertentu terhadap situs web atau halaman web Anda agar ketika para pengguna internet mencari sesuatu yang berhubungan dengan isi dari situs web atau halaman web kita itu, situs web atau halaman Anda tersebut ditampilkan di halaman 1 daftar hasil pencarian alami/tak-berbayar/non-iklan/organik.
Jadi dengan melakukan SEO atau optimasi mesin pencari yang benar, ketika orang lain membutuhkan sesuatu dan mencarinya di google dengan keyword tertentu maka web atau situs yang kita buat bisa muncul pada bagian atas hasil pencarian. Jadi situs yang kita miliki jadi lebih mudah ditemukan oleh calon konsumen. SEO juga selalu alami, tak berbayar dan non-iklan.
Kenapa dengan menggunakan SEO bukan non-iklan. Karena ketika konsumen mencari menggunakan google maka situs yang kita buat akan ada pada bagian awal hasil pencarian tanpa adanya icon iklan atau ads.
2. ARTI LAIN DARI SEO
Di komunitas SEO, selain berarti Search Engine Optimization, SEO juga bisa diartikan Search Engine Optimizer, yakni orang yang melakukan optimisasi mesin pencari. Jadi SEO di sini adalah sebuah profesi. Jika Anda adalah seorang praktisi SEO, maka jika seorang dari luar negeri menanyakan profesi Anda “What are you?”, Anda bisa menjawab: “I am an SEO.” (search engine optimizer a.k.a. profesi seseorang yang melakukan optimisasi mesin pencari).
Selain profesi, juga SEO bisa digunakan untuk menerangkan jabatan atau kata benda lainnya, yang berarti “terkait dengan SEO”. Misalnya “We are SEO consultants.”“I am the SEO Manager.”, atau “It is a SEO book.”

 

 

 

PERBEDAAN E-COMMERCE DAN E-BUSINESS

Halo, guys! Kali ini, kita akan membahas tentang perbedaan E-Commerce dan E-Business. Mari kita simak yuk!
Mungkin sebagian besar dari kita tidak asing lagi dengan istilah E-Commerce. Tapi apasih pengertian dari E-CommerceE-Commerce merupakan kepanjangan dari Electronic Commerce yang berarti perdagangan yang dilakukan secara elektronik. E-Commerce hanya berfokus kepada proses jual-beli dan atau menukar barang atau jasa melalui jaringan komputer, termasuk internet. E-Commerce terbagi dalam berbagai jenis, diantaranya :
Business to Consumer (B2C)
Penjual adalah organisasi/perusahaan dan pembeli adalah individual. Contohnya: Zalora, BerryBenka.
Business to Business (B2B)
Penjual dan pembeli adalah organisasi/perusahaan. Contohnya: Binus University membeli TV dari Panasonic.
Consumer to Consumer (C2C)
Individu menjual produk atau jasa kepada individu yang lain. Contohnya: Bukalapak
Business to Employee (B2E)
Organisasi menggunakan E-Commerce secara internal untuk menyediakan informasi dan jasa kepada pegawainya.
Berbeda dengan E-Business yang cakupannya lebih luas dari E-CommerceE-Business adalah proses jual-beli barang atau jasa, dan juga pelayanan kostumer, bekerja sama dengan partner, dan melakukan transaksi secara elektronik dalam sebuah perusahaan. E-Business memiliki karakteristik tujuan yang sama dengan bisnis secara konvensional. Hanya saja, E-Business memiliki scope yang berbeda. Bisnis mengandalkan pertemuan antar pebisnis seperti halnya rapat ditempat khusus, atau sekedar untuk berkenalan dengan partner bisnis. Sedangkan E-Business mengandalkan media Internet sebagai sarana untuk memperoleh tujuannya. Contoh E-Business yang terkenal di Indonesia adalah Kaskus.
Jadi itu sekilas tentang perbedaan E-Commerce dan E-Business. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai bertemu di postingan selanjutnya!
Source :

0 komentar: